Selasa, November 18, 2008

Gerundelan Bagong ...

"Dasar… wayang ndak tau sopan santun… seenaknya sendiri… sak enak udele dhewe… semprul… " sambil nggedumel ngalor ngidul Bagong membanting helm kesayangannya. " Ono opo to Gong? Baru datang kok sudah semlenget gitu… kesambet di mana?" tanya Semar yang tergopoh-gopoh mendekati Bagong yang mukanya terlipat kusut seperti uang seribuan yang sudah lama beredar.

"Itu lho Mo…" sambil mengelus helm kesayangan yang terlanjur dibanting, Bagong menjawab "gara-gara wayang ndablek ndak pake nalar, ndak pake toto kromo, sak enak dengkule… Bagong jadi telat ujian…"
"Oalah Le..Le… mbok yo sing nggenah kalo cerita itu… diatur kronologi-nya, topik-nya, latar belakangnya… jangan cuma nggerundel ndak karuan kayak gitu…" Semar menyela gerundelan Bagong sambil meletakkan pantat di kursi bambu.

"Itu lho Mo… tadi itu kan Bagong mau ujian… berangkat pagi-pagi supaya ndak telat, bisa tenang ngadepin ujian, eeeee… lha kok macet sampai satu jam… lha akibatnya ya telat lah…"
"Lha kok bisa macet segitu lama? Kan biasanya ndak macet-macet amat?"
"Itulah Mo… kan ada jembatan kecil yang lagi diperbaiki sampai kepotong setengah jalan… jadi ya maklum kalo macet… tapi yang jadi bikin dongkol, wayang yang pada naik motor itu… nyelonong ngabisin jalan sampai nutup arus kendaraan dari depan, kan jadi macet total…" Bagong nyerocos sambil tangannya sraweyan kesana-kemari menggambarkan gentingnya suasana macet tadi pagi.

"Lho? Bukannya kamu juga naik motor? Kenapa jadi sewot sama wayang yang naik motor?" Semar melotot, bukan karena marah tapi mendelik gara-gara singkong rebusnya macet di kerongkongan.
"Bagong kan biker sopan to Mo… ndak ikut nerenjel berjubel nyerobot jalan orang… " sahut Bagong sambil menyodorkan air putih. Cleguk, cleguk, cleguk… Semar nggelontor singkongnya yang macet.
"Ooh… gitu ceritanya… bukannya yang kayak gitu itu hanya terjadi di negeri sebelah yang katanya terkenal dengan keramahan dan sopan santunnya itu?"
"Kayaknya sudah nular ke negeri Antah Berantah kita ini Mo…" Bagong menyahut lirih. Hatinya pedih, gundah oleh perilaku warga wayang yang semakin brutal, tidak kenal dengan sopan santun, tata krama, semakin arogan… Kalo tidak cocok dengan sesuatu langsung main gebrak, langsung main tawuran, langsung demo, langsung teriak, tanpa mau menimbang lagi dengan rasio maupun hati nurani. Semakin sombong, pongah, angkuh, dan sederet istilah ketinggian hati… semakin suka dengan iri, dengki, sirik, dan sederet istilah kebusukan nurani… .

Bagong terseret dalam lamunan yang menyedihkan hatinya… Romo-nya maklum, hati anak bungsunya yang sensitif sedang masygul dengan situasi yang dialaminya. Dus, ditambah telat ujian… opo ora dongkol tenan…

"Yo wis Gong… yang penting kamu ndak ikut-ikutan kayak gitu… karena itu kamu harus jadi orang yang bisa berlaku andap asor, sabar, bisa menghormati hak wayang lain… sehingga dari satu wayang yang bernama Bagong nantinya bisa bertambah-tambah hingga ada banyak bagong-bagong yang lain… lha kalo sudah begitu kan negeri yang aman tenteram seperti yang kamu idam-idamkan itu nanti akan terwujud…" Semar bertutur sambil manggut-manggut menikmati singkong rebusnya.

Bagong menatap romo-nya. Matahari siang yang menyengat tidak mampu menyengat hatinya yang diguyur kata-kata Semar yang sesejuk tirta sewindu.

2 komentar:

Ficky mengatakan...

biasa-y kalau Bagong sudah nggerundel, bentar lg "ning nong ning glor" Kakanda Gareng nambahi anget keadaan, Abang Petruk urun rembug, Adek Nomo setor muka nih...hehehe...

punggawa negeri mengatakan...

Om Piki, nanti kalo sdh pindah ke Jakarta main ke rumah Bogor ya..